E - MARKETING


PENDAHULUAN

Pernahkah Kita mendengar istilah E-Marketing? Taukah Kita apa itu E-Marketing? E-Marketing berasal dari dua suku kata yaitu Electronic dan Marketing. Secara umum E-Marketing adalah bentuk strategi pemasaran produk baik barang maupun jasa dengan menggunakan media elektronik atau internet. Markting memang salah satu usaha yang punya banyak cabang seperti marketing online, bisnis, agribisnis, dropshipper, dan masih banyak lagi. Banyak orang yang sukses dalam usahanya karena menerapkan cara kerja penjualan yang benar atau bisa disebut sebagai strategi pemasaran yang jitu.
Sebab itulah E-Marketing sangat diperlukan dalam berbagai bisnis yang mencakup lapisan konsumen secara luas. Misal saja, seorang pengusaha memiliki bisnis ternak ayam, lalu bagaimana penggunaan marketing ini? Nah, pengusaha tersebut bisa sukses dengan menerapkan strategi jitu seperti target pemasaran, konsumen, dan permainan harga. Bukan hal mudah menerapkan strategi pemasaran ini, sebab si pengusaha harus punya survei pasar dan target penjualan yang benar.
Untuk mempermudahkan pengusaha tersebut melakukan permainan marketing maka dibutuhkan electronic marketing atau memakai media internet. Cara yang satu ini memang terbilang mudah karena dengan perkembangan internet memudahkan pengusaha mencari konsumen, mencari harga, survei pasar, dan survei tingkat kebutuhan konsumen. Pemasaran memakai media elektronik atau internet memiliki tujuan utama yakni memperluas jaringan pemasarannya, bisa dibilang memperluas distributor produk melalui jasa pengiriman untuk produk tertentu.
E-Marketing adalah strategi, sistem dan proses pemasaran dengen memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berbasis internet. Strategi, sistem dan proses tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari strategi pemasaran konvensional yang diginakan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya.

TEORI

Menurut Kotler dan Keller (2013) mengatakan bahwa E-Marketing adalah cara pemasaran yang dilakukan melalui komputer (dan barang elektonik lainnya seperti laptop, gadget) dengan menggunakan suatu sarana komunikasi yang bertujuan mengurangi biaya pemasaran dan meningkatkan keefektifan usaha pemasaran. E-marketing merupakan proses yang memanfaatkan cyberspace sebagai alat komunikasi untuk melengkapi konvensional.
Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen. Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl dan Burrow, 2005).
Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu:
1.      Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
2.      Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan      
       dialog berkelanjutan.
3.      Transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah. E-mail dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik.
4.      Jalur proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
5.      Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat cepat.
6.      Dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.
7.      Dapat mengawasi pesaing.
8.      Menciptakan dialog antara perusahaan dengan konsumen.
9.      Dapat mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer. 

ANALISIS

Studi Konseptual E-marketing dan Operasi Terhadap Promosi Perusahaan dan Memahami Respon Nasabah.
Temuan (review) dalam penelitian ulasan ini mengungkapkan kelebihan dan isu-isu yang berkaitan dengan masing-masing alat yang mobile marketing, e-mail pemasaran, pemasaran web dan pemasaran melalui situs jaringan sosial (SNS). Dengan meninjau berbagai relevan literatu, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada banyak alat yang perusahaan dapat menggunakan untuk mendistribusikan promosi mereka pijat danmenciptakan kesadaran bagi para pelanggan mereka. Perangkat mobile dan pemasaran melalui ponsel baru dengan memperkenalkan ponsel pintar telah berubah dan ini perangkat tambahan dalam teknologi terutama dalam perangkat mobile membawa begitu banyak keuntungan yang sebagian besar perusahaan telah menggunakan isu apalagi seperti penerimaan dan adopsi, peran kepercayaan dalam fenomena ini dan pelanggan kepuasan sebagian besar dibahas dalam literatur yang relevan, juga mengingat masalah ini yangmempelajari tentang estetika, keindahan dan desain dalam konten ponsel juga tingkat penelitian yang berkaitan dengan masalah ini masih belum memadai dan masa depan Penelitian akan berharga (Varnali dan Toker 2010).
E-mail pemasaran menurut literatur adalah alat yang paling berguna dalam internet dan juga biaya yang paling efektif fenomena dalam pemasaran elektronik untuk perusahaan dan bisnis. E-mail pemasaran karena instrumen yang murah, biaya yang efektif dan mayoritas responden menganggap sebagai unik cara mendistribusikan promosi dan menciptakan nilai bagi pelanggan perusahaan. Pemasaran melalui web karena beberapa kapasitas sifat fenomena ini telah menjadi kebutuhan penting dari perusahaan. Sejarah menggunakan opsi ini akan kembali ke 1994 berbasis literatur (Adam, Bednall et al. 2011). Pemasaran melalui web dalam hal komersial dan iklan untuk membawa lalu lintas untuk  perusahaan dan perusahaan selalu menjadi masalah penting bahwa halaman web dapat memenuhi kebutuhan pemilik usaha. Dalam hal ini masalah iklan spanduk dan pop up memainkan peran yang sangat penting untuk menangkap daya tarik pelanggan online. Sifat iklan banner dan pop up memiliki diteliti dalam ulama dan juga komponen dari dua aspek ini dalam jangka membawa informasi kepada pelanggan online telah dipelajari sebelumnya. Weblog, wiki, podcast, video, gambar atau lain-lain adalah beberapa contoh jaringan sosial, kombinasi teks, gambar video dan sebagainya semua dan semua dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas mereka dan dengan menggunakan opsi yang mampu ini mereka dapat menciptakan nilai bagi pelanggan mereka. Situs jaringan sosial juga memfasilitasi hubungan antara perusahaan dan pelanggan dan dengan menggunakan fenomena ini perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan mereka dan juga mengetahui kelemahan dan kekuatan produk di dunia elektronik melalui mulut atau pelanggan komentar dan ide-ide (Berthon, Pitt et al. 2012).
Menurut literatur banyak perusahaan menggunakan begitu banyak peralatan untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan apalagi pemahaman yang jenis dan alat yang lebihefektif dapat menjadi faktor yang sangat penting untuk membantu perusahaan dalammeningkatkan profitabilitas penjualan mereka dan menggunakan yang jenis dalam strategi pemasaran mereka. Studi masa depan penelitian ini bisa menjadi menganalisis preferensimasyarakat daerah atau negara tertentu untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang persepsi orang dari daerah tertentu untuk memanfaatkan bisnis elektronik sesuai dengan preferensi dan selera mereka.

REFERENSI



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMASARAN GLOBAL (STUDI KASUS PADA COCA COLA)

ASPEK LINGKUNGAN EKONOMI, POLA KONSUMSI, DAN PERKEMBANGAN PASAR

LAPORAN KEUANGAN KOPERASI BANK SAMPAH