E - MARKETING
PENDAHULUAN
Pernahkah
Kita mendengar istilah E-Marketing? Taukah Kita apa itu E-Marketing?
E-Marketing berasal dari dua suku kata yaitu Electronic dan Marketing. Secara
umum E-Marketing adalah bentuk strategi pemasaran produk baik barang maupun
jasa dengan menggunakan media elektronik atau internet. Markting memang salah
satu usaha yang punya banyak cabang seperti marketing online, bisnis,
agribisnis, dropshipper, dan masih banyak lagi. Banyak orang yang sukses dalam
usahanya karena menerapkan cara kerja penjualan yang benar atau bisa disebut
sebagai strategi pemasaran yang jitu.
Sebab itulah E-Marketing sangat
diperlukan dalam berbagai bisnis yang mencakup lapisan konsumen secara luas.
Misal saja, seorang pengusaha memiliki bisnis ternak ayam, lalu bagaimana
penggunaan marketing ini? Nah, pengusaha tersebut bisa sukses dengan menerapkan
strategi jitu seperti target pemasaran, konsumen, dan permainan harga. Bukan
hal mudah menerapkan strategi pemasaran ini, sebab si pengusaha harus punya
survei pasar dan target penjualan yang benar.
Untuk
mempermudahkan pengusaha tersebut melakukan permainan marketing maka dibutuhkan
electronic marketing atau memakai media internet. Cara yang satu ini memang
terbilang mudah karena dengan perkembangan internet memudahkan pengusaha
mencari konsumen, mencari harga, survei pasar, dan survei tingkat kebutuhan
konsumen. Pemasaran memakai media elektronik atau internet memiliki tujuan
utama yakni memperluas jaringan pemasarannya, bisa dibilang memperluas
distributor produk melalui jasa pengiriman untuk produk tertentu.
E-Marketing
adalah strategi, sistem dan proses pemasaran dengen memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi berbasis internet. Strategi, sistem dan proses
tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari strategi pemasaran
konvensional yang diginakan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya.
TEORI
Menurut
Kotler dan Keller (2013) mengatakan
bahwa E-Marketing adalah cara pemasaran yang dilakukan melalui komputer (dan
barang elektonik lainnya seperti laptop, gadget) dengan menggunakan suatu
sarana komunikasi yang bertujuan mengurangi biaya pemasaran dan meningkatkan
keefektifan usaha pemasaran. E-marketing merupakan proses yang memanfaatkan
cyberspace sebagai alat komunikasi untuk melengkapi konvensional.
Menurut
American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow
(2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide
atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan
lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling
memuaskan antara perusahaan dan konsumen. Saat ini marketing telah berkembang
seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas
dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam
internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl
dan Burrow, 2005).
Keuntungan yang
dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan
menurut Jamal (1996:18) yaitu:
1.
Mampu menjangkau berbagai konsumen
dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
2.
Target adalah konsumen yang telah
terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan
dialog
berkelanjutan.
3.
Transaksi binis secara elektronik
dan dengan biaya yang rendah. E-mail dan data files dapat dipindahkan kepada
konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik.
4.
Jalur proses penjualan langsung dari
produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
5.
Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan
secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat
cepat.
6.
Dapat melacak kegiatan penjualan
yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.
7.
Dapat mengawasi pesaing.
8.
Menciptakan dialog antara perusahaan
dengan konsumen.
9.
Dapat mendistribusikan program dan
informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer.
ANALISIS
Studi Konseptual E-marketing dan
Operasi Terhadap Promosi Perusahaan dan Memahami Respon Nasabah.
Temuan
(review) dalam penelitian ulasan ini mengungkapkan kelebihan dan isu-isu yang
berkaitan dengan masing-masing alat yang mobile marketing, e-mail pemasaran,
pemasaran web dan pemasaran melalui situs jaringan sosial (SNS). Dengan
meninjau berbagai relevan literatu, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada
banyak alat yang perusahaan dapat menggunakan untuk mendistribusikan promosi
mereka pijat danmenciptakan kesadaran bagi para pelanggan mereka. Perangkat
mobile dan pemasaran melalui ponsel baru dengan memperkenalkan ponsel pintar
telah berubah dan ini perangkat tambahan dalam teknologi terutama dalam
perangkat mobile membawa begitu banyak keuntungan yang sebagian besar
perusahaan telah menggunakan isu apalagi seperti penerimaan dan adopsi, peran
kepercayaan dalam fenomena ini dan pelanggan kepuasan sebagian besar dibahas
dalam literatur yang relevan, juga mengingat masalah ini yangmempelajari
tentang estetika, keindahan dan desain dalam konten ponsel juga tingkat
penelitian yang berkaitan dengan masalah ini masih belum memadai dan masa depan
Penelitian akan berharga (Varnali dan Toker 2010).
E-mail
pemasaran menurut literatur adalah alat yang paling berguna dalam internet dan
juga biaya yang paling efektif fenomena dalam pemasaran elektronik untuk
perusahaan dan bisnis. E-mail pemasaran karena instrumen yang murah, biaya yang
efektif dan mayoritas responden menganggap sebagai unik cara mendistribusikan
promosi dan menciptakan nilai bagi pelanggan perusahaan. Pemasaran melalui web
karena beberapa kapasitas sifat fenomena ini telah menjadi kebutuhan penting
dari perusahaan. Sejarah menggunakan opsi ini akan kembali ke 1994 berbasis
literatur (Adam, Bednall et al. 2011). Pemasaran melalui web dalam hal
komersial dan iklan untuk membawa lalu lintas untuk perusahaan dan
perusahaan selalu menjadi masalah penting bahwa halaman web dapat memenuhi
kebutuhan pemilik usaha. Dalam hal ini masalah iklan spanduk dan pop up
memainkan peran yang sangat penting untuk menangkap daya tarik pelanggan
online. Sifat iklan banner dan pop up memiliki diteliti dalam ulama dan juga
komponen dari dua aspek ini dalam jangka membawa informasi kepada pelanggan
online telah dipelajari sebelumnya. Weblog, wiki, podcast, video, gambar atau
lain-lain adalah beberapa contoh jaringan sosial, kombinasi teks, gambar video
dan sebagainya semua dan semua dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan
produktivitas mereka dan dengan menggunakan opsi yang mampu ini mereka dapat
menciptakan nilai bagi pelanggan mereka. Situs jaringan sosial juga
memfasilitasi hubungan antara perusahaan dan pelanggan dan dengan menggunakan
fenomena ini perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan mereka dan juga
mengetahui kelemahan dan kekuatan produk di dunia elektronik melalui mulut atau
pelanggan komentar dan ide-ide (Berthon, Pitt et al. 2012).
Menurut
literatur banyak perusahaan menggunakan begitu banyak peralatan untuk
menciptakan hubungan dengan pelanggan apalagi pemahaman yang jenis dan alat
yang lebihefektif dapat menjadi faktor yang sangat penting untuk membantu
perusahaan dalammeningkatkan profitabilitas penjualan mereka dan menggunakan
yang jenis dalam strategi pemasaran mereka. Studi masa depan penelitian ini
bisa menjadi menganalisis preferensimasyarakat daerah atau negara tertentu
untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang persepsi orang dari daerah
tertentu untuk memanfaatkan bisnis elektronik sesuai dengan preferensi dan
selera mereka.
REFERENSI
https://www.pooc.org/jawaban-thank-you/
BalasHapusoke...
BalasHapushttps://www.surveymonkey.com/r/ZBZJF3Y
BalasHapus